Membangun MASJID PERTAMA Di Dusun SIMOIE

  • Rp300.000.000

    Funding Goal
  • Rp284.877.900

    Funds Raised
  • 0

    Days to go
Raised Percent :
94.96%
Minimum amount is Rp0 Maximum amount is Rp0
, Indonesia

admin YMN

7 Campaigns | 0 Loved campaigns

See full bio.

About the campaign creator

×
admin YMN
, Indonesia
7 Campaigns | 0 Loved campaigns

Contact Info

Social Link

Description

“Warga Dusun Simoie harus berjalan 10 km menuju dusun Lombok untuk menjalankan Shalat Jum’at dan Hari Raya.” Rofik Hidayat, Guru di Dusun Simoie

Dusun Simoie merupakan dusun terisolir yang berada di atas gunung, Desa Ogoalas, Kec. Tinombo, Kab. Parigi Mautong, Sulawesi Tengah. Akses menuju dusun hanya bisa dilalui motor, 1 jam dari Kec. Tinombo melewati jalan bebatuan yang menanjak.

(Akses menuju dusun Simoie. Ketika hujan, sungai meluap dan tidak bisa dilewati)

(Dusun Simoie di atas gunung)

Terdapat 100 KK Muslim di dusun Simoie, tapi tidak ada satu pun masjid yang berdiri di sini. Sehingga mereka hanya bisa menjalankan Shalat 5 waktu di rumah masing-masing. Jauh berbeda dengan kita yang berada di kota besar, dimana banyak masjid untuk beribadah.

Warga ingin sekali menjalankan Shalat Jum’at dan Shalat 5 waktu berjamaah. Namun, tak memiliki dana untuk membangun masjid. Pendapatan mereka sebagai petani hanya 100 ribu per bulan.

Melihat kondisi ini, tergerak hati Pak Rofik, seorang guru dari Ciamis, Jabar yang sedang ditugaskan mengajar anak-anak di dusun Simoie. Ia bertekad memperjuangkan berdirinya masjid pertama di dusun ini.

Berbagai usaha sudah dilakukan Pak Rofik dan warga untuk membangun masjid ini. Seperti menyebar proposal ke banyak lembaga dan patungan masyarakat. Namun kondisi warga yang serba kekurang, sehingga berharap datangnya bantuan untuk membangun masjid.

Tak menyerah, akhirnya ada wakaf tanah dari pihak sekolah seluar 6x7m untuk membangun masjid. Pak Rofik dan warga pun semakin giat berusaha membangun masjid.

(Pondasi masjid hasil gotong royong Pak Rofik bersama warga)

Dengan dana seadanya, mereka gotong royong mengangkut pasir dari sungai yang berjarak 3 km dari lokasi, untuk membangun pondasi masjid.

“Kehadiran masjid ini akan menolong ratusan umat muslim dusun Simoie untuk menjalankan ibadah dan menjadi masjid pertama yang berdiri di dusun Simoie”-Pak Ropik.

(Warga dusun Simoie di atas tanah wakaf untuk pembangunan masjid)

Bersama Pak Ropik, Organisasi Masjid Nusantara menggalang dana untuk membangun Masjid pertama di dusun Simoie. Dukungan berupa apapun akan sangat membantu warga dusun Simoe untuk memiliki Masjid.

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738)

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Membangun MASJID PERTAMA Di Dusun SIMOIE”

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ID Name Email Amount
3011Agus T gusta3.wiyono@gmail.com
2960Nabilah Ramadhini nabilahramadhini@gmail.com
2952Andri andri_n99@yahoo.com
2806aryo anindityo.tm@gmail.com
2805Resky Mulyani patiroi_09@yahoo.co.id
2804Widi Triana Dewintari mizaru18@gmail.com
2803Lupi Harvidya Tristhi jktkuw@gmail.com
2798ririn anggraeni ririnhermi@gmail.com
2796Ferry Ferdiansyah fferry2323@gmail.com
2795Rahmat Ernowo ernowo.rahmat@gmail.com