Membangun Masjid yang Layak untuk Rohingya

  • Rp700.000.000

    Target
  • Rp2.912.000

    Dana Terkumpul
  • 19

    Hari lagi
Pencapaian (%) :
0.42%
Minimum amount is Rp0 Maximum amount is Rp0
Rp

Deskripsi

Muslim Rohingya adalah muslim yang taat. Ditengah keterbatasan yang mereka miliki, mereka terus berupaya untuk bisa menjalankan sholat berjamaah

Rohingya adalah kisah pilu penderitaan yang berkepanjangan. PBB menyebut mereka sebagai etnis paling menderita di dunia.

Ratusan tahun tinggal di Myanmar, namun tidak diakui sebagai warga negara. Mereka justru menjadi sasaran diskriminasi dan kekerasan rasial.

Penyiksaan fisik hingga berujung hilangnya nyawa sudah menjadi hal biasa. Tidak hanya itu, rumah-rumah Muslim Rohingya pun habis dibakar. Hal ini membuat lebih dari satu juta jiwa Muslim Rohingya yang tersisa, melarikan diri dengan membawa apa yang mereka punya.

Hitungan hari hingga minggu mereka berpeluh, mengandalkan dua kaki mencari tempat yang mau menerima. Sudah tak ada lagi terlihat rona bahagia dari anak-anak Rohingya. Sekecil itu mereka sudah harus kehilangan orang tua, tempat tinggal, bahkan ikut berjalan melewati sungai dan hutan belantara dengan ketakutan yang mendalam.

Hingga saat ini sekitar 400.000 jiwa Muslim Rohingya berhasil mencapai Bangladesh. Oleh pemerintah , mereka diberikan tempat ditengah hutan. Namun mereka tidak boleh mendirikan bangunan permanen, karena statusnya hanya pengungsi. Alhamdulillah, bantuan dari dunia , termasuk Indonesia berhasil sampai ke tangan mereka. Mulai dari kebutuhan sandang, pangan , hingga camp-camp pengungsian. Meskipun bukan bangunan permanen, namun bantuan ini sangat membantu mereka terlindung dari dinginya musim dan panasnya matahari.

Muslim Rohingya adalah muslim yang taat. Ditengah keterbatasan yang mereka miliki, mereka terus berupaya untuk bisa menjalankan sholat berjamaah.

Terdapat tiga tempat yang mereka namakan sebagai masjid, meskipun sesungguhnya kondisi masjid ini sangat memprihatinkan. Beralaskan tikar, dengan dinding dan atap plastik yang tidak menutup dengan sempurna. Ketika hujan masjid ini digenangi air, ketika panas masjid ini sungguh terik.

Melihat kondisi ini, Masjid Nusantara ingin mengajak sobat masjid semua mewujudkan Masjid layak untuk Pengungsi Rohingya.

Meskipun bukan bangunan permanen, namun kami akan membuat bangunan masjid semi permanen yang nyaman untuk digunakan .

Orang mukmin dengan orang mukmin yang lain seperti sebuah bangunan, sebagian menguatkan sebagian yang lain.” [HR.Muslim]

Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.” [HR. Muslim]

f338092af5061787a0faf1e1ba377232325080fb

fae8a141f6c4402baeaf4a010e7362b7570b2f56

3c25f05245dd580f8f397050032d070412518163

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Membangun Masjid yang Layak untuk Rohingya”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengajuan Proposal