Mobile Masjid Pertama di Indonesia Ada di Bandung

Bandung

Muhammad Sobirin, warga Kota Bandung, mempraktikkan suguhan kreatif. Pria berusia 40 tahun tersebut mencetuskan konsep Mobile Masjid yang diklaim sebagai pelopor di Indonesia. Salut!

“Kalau pun ada ya di Timur Tengah. Ini (Mobile Masjid) pertama di Indonesia,” ucap Sobirin bernada bangga saat berbincang bersama detikcom di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Kamis petang, 25 Juni 2015.

Berbendera Yayasan Masjid Nusantara (YMN), Sobirin meluncurkan Mobile Masjid kepada publik Bandung pada Selasa 16 Juni lalu. Satu unit kendaraan jenis minibus ini siap berkeliling menjelajah Bandung Raya.

“Mobile Masjid tujuannya memudahkan umat muslim menjalankan salat saat berada jauh dari tempat ibadah,” ujar Sobirin selaku Direktur YMN.

Dia menjelaskan, mobil ini sepanjang bulan Ramadan beraktivitas mulai pukul 16.00 hingga salat magrib. Sasaran lokasinya antara lain pusat keramaian dan lokasi pengungsian. Targetnya, menurut Sobirin, Mobile Masjid beroperasi menyasar 30 titik di Kota Bandung. Tempat yang sudah disinggahi antara lain kawasan Bundaran Cibiru, Monumen Perjuangan Jawa Barat dan Kampus UPI

Fokus membidangi urusan sosial membuat pihak YMN menggelorakan kolaborasi dengan sistem donasi. Semangat itulah yang melahirkan Mobile Masjid.

“Mobile Masjid ada berkat donasi dari para donatur YMN dan juga RZ (Rumah Zakat). Insya Allah menjadi pahala tak terputus selama Mobile Masjid beroperasi membantu umat muslim menjalankan ibadah,” kata Sobirin.

Dia menjelaskan, mobil tersebut mengangkut peralatan salat seperti karpet, sarung, mukena, penunjuk arah kiblat, genset dan sound system. Selain itu, mobil dilengkapi wadah penampung air bersih berkapasitas 500 liter untuk keperluan wudu.

“Kami bawa dua keran yang difungsikan sebagai tempat wudu. Karpet untuk salat ini kapasitasnya 50 orang,” ujar Sobirin.

http://news.detik.com/jawabarat/2952943/mobile-masjid-pertama-di-indonesia-ada-di-bandung

Leave a Reply