YMN Bangun Kembali Masjid di Banjarnegara

BANJARNEGARA, Yayasan Masjid Nusantara (YMN) melakukan peletakan batu pertama untuk Masjid Taman Surga Al Falah di Dusun Karanganyar RT 02 RW 04 Desa Prigi Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (05/08). Acara ini dihadiri oleh direktur Yayasan Masjid Nusantara Muhammad Sobirin, Aleg Komisi III Dprd Kab. Banjarnegara Ujo Hendarsyah, Kepala Desa Prigi, Babinsa, dan para tokoh masyarakat setempat. Acara peletakan batu pertama ini dihelat dengan khidmat di dalam masjid yang akan direnovasi YMN ini. Masjid Al Falah merupakan salah satu masjid di kawasan rawan ekonomi yang mendapat bantuan dari yayasan yang bertempat di Bandung ini.

“Tidak hanya menjadi tempat ibadah dan pusat kegiatan keislaman, masjid juga merupakan sentral perekonomian di sebuah daerah. Oleh karena itu, bantuan yang kami salurkan kepada Masjid Al Falah diharapkan dapat membantu mewujudkan hal tersebut,” harap direktur YMN, Muhammad Sobirin.

Secara umum, mata pencaharian masyarakat Desa Prigi adalah petani padi dan holtikultura. Untuk dusun Karanganyar sendiri, kebanyak masyarakat merupakan petani salak. Dilihat dari sisi ekonomi, tingkat kesejahteraan masyarakat dusun masihlah rendah. Tidak sedikitnya jumlah anak yang putus sekolah disebabkan permasalahan ekonomi dan pemahaman orang tua yang lemah terkait pendidikan. Kesemuanya ini tentunya turut berpartisipasi terhadap keterbengkalaian Masjid Al Falah. Bangunan masjid tampak tidak terawat dan menua dimakan waktu. Sarana wudhu pun sangatlah minim, bahkan masjid tidak memiliki fasilitas MCK.

Kondisi ini yang menjadikan YMN melakukan sumbangsih dalam perenovasiannya. Diharapkan, dengan dibangun kembalinya Masjid Al Falah, kebutuhan masyarakat akan tempat ibadah dan pusat kegiatan keislaman seperti sekolah agama atau Taman Pendidikan Al Qur’an akan terpenuhi dan menuntun kepada pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan dan kesejahteraan. Ini kongruen dengan misi YMN yakni memnginisiasi peradaban Islam di Nusantara melalui masjid. ***

 

Leave a Reply